Tourism

Padang Mengetas (Padang Mangateh)

PADANG MANGATEH, NEW ZEALAND-NYA SUMATERA BARAT !

Padang Mangateh, begitulah masyarakat disana menyebutnya. Sebuah lokasi yang dibuat khusus untuk peternakan yang diberi nama Balai Pembibitan Ternak Unggul Dan Hijauan Pakan Ternak Padang Mengatas (BPTU-HPT) yang telah berdiri sejak tahun 1916. Didirikan pada zaman kolonial Hindia Belanda.

Hasil gambar untuk padang mangateh

Udaranya yang segar, panorama alamnya yang begitu mempesona, dan hamparan padang rumput hijaunya yang begitu luas, menjadi ciri khas Padang Mangateh.

Hamparan padang rumput yang luasnya lebih kurang 280 hektar di Padang Mangateh mirip dengan Desa Hobbiton yang terletak di Matamata, North Island – New Zealand. Hal inilah yang menjadikan Padang Mangateh sering disandingkan dengan New Zealand oleh wisatawan yang telah berkunjung ke sini.

Gambar terkait

Salah satu hewan yang di ternakkan disini adalah Sapi. Masyarakat Sumatera Barat khususnya orang minang, menyebut sapi dengan “Jawi atau Bantiang”. Beberapa sapi dibiarkan hidup dan berkeliaran di area padang rumput. Hal ini dilakukan agar sapi mendapatkan makanan terbaik dan terhindar dari stres jika di kandangkan.

Hasil gambar untuk padang mangateh

Kondisi geografis Padang Mangateh yang terletak di pinggang Gunung Sago, menjadikan rumput di daerah ini tumbuh dengan subur. Sapi pun bisa dengan leluasa bergerak dan makan dengan sepuasnya. Hal ini bisa membuat sapi tumbuh besar lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *