Culinary

Sate Mak Syukur

Sate Mak Syukur, yang juga sering disingkat SMS ini, mempunyai kekhasan pada rasa sate, dan terutama di rasa kuah. Daging yang dipakai untuk sate Mak Syukur diambil dari bagian rusuk serta punuk sapi. Pada bagian ini, daging yang dihasilkan tidak terlampau keras namun masih mengandung lemak.
Sapi yang dipilih untuk bahan sate juga khusus, yakni sapi yang dibesarkan di Padang Panjang. Dari tes rasa yang dilakukan sejak zaman Mak Syukur, sapi dari Padang Panjang diyakini mempunyai rasa daging yang berbeda. Jumlah pakan yang berlimpah serta udara khas Padang Panjang dianggap sebagai faktor yang menentukan rasa daging sapi kemudian.

________________________________________________________________________________

Es Durian Ganti Nan Lamo

Ada beberapa menu es durian yang bisa Anda coba. Namun, pertama-tama, cicipi dulu Es Durian Tok atau es durian polos tanpa isian. Durian yang telah diolah menjadi seperti saus dituang di atas es serut lalu disiram dengan susu kental manis rasa cokelat. Cita rasa durian benar-benar menjadi dominan karena tanpa isian lainnya.

Lokasi Es Durian Ganti Nan Lamo ada di Kampung Pondok HOS Cokrominoto No. 31A Padang Barat Kota Padang Sumatera Barat.

 

 

 

________________________________________________________________________________

Rumah Makan Lamun Ombak

Rumah makan ini cukup terkenal di Kota Padang karena sering kali menjadi tempat makan para pejabat dan tokoh – tokoh nasional yang berkunjung ke Sumatera Barat. Masih ingat lagu berjudul “Nasi Padang” yang dinyanyikan oleh Audun Kvitland asal Norwegia yang pernah booming beberapa waktu yang lalu?. Katanya, lagu itu terinspirasi usai si penyanyi makan disini. Rumah Makan Lamun Ombak menyediakan aneka masakan khas Minangkabau dengan cita rasa yang lezat. Semua menu dihidangkan di meja makan, sesuai dengan standard operation procedure restoran Padang lainnya. Di Sumatera Barat, Rumah Makan Lamun Ombak memiliki 3 lokasi yang bisa anda pilih yaitu

 

  1. Jalan S. Parman No. 232 A Ulak Karang, 0751-7052922 (dari informasi yang kami dengar, ini adalah Rumah Makan Lamun Ombak yang pertama kali)
  2. Jalan Khatib Sulaiman No.99, 0751-7051426
  3. Jalan Padang – Bukittinggi Km.24, Pasar Usang, Sungai Buluh, Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, 0751-7051426

Menu andalan yang ditawarkan rumah makan ini diantaranya gulai ikan kakap, ayam goreng, ayam pop, sop daging sapi, asam pedas daging, udang kelong, ikan bakar, cah kangkung, cincang kembang, gado – gado atau lotek dan lain – lain.

________________________________________________________________________________

Katupek Mama Bet

Katupek Gulai Paku Mama Bet Ada kuah gulai nangka, gulai paku (gulai pakis), toco dan lain-lain. Satu porsi lontong biasanya lengkap dengan mi dan kerupuk merahnya. Banyak orang senang menjadikan lontong sayur ini menjadi sarapan pagi mereka. Ketupat ini teksturnya lebih padat dari lontong. Ia biasanya memang ciri khasnya dari sumbar menggunakan gulai paku atau pakis, untuk mencapai lokasi ini sangatlah gampang karna terletak di pusat wisata kota padang yang biasa di sebut TAPLAU (Tapi Lauik)

 

 

________________________________________________________________________________

Soto Simpang Karya

Kalau lagi ke Sumatra Barat banyak kuliner yangg bisa dicicipi, dan kamu mau cari yg legendaris dan sudah pasti enak, tepatnya di Kota Padang  mampir ke Soto Simpang Karya, bersebrangan dengan Bank BNI dan bersebelahan dengan bioskop simpang karya, kalau kamu sudah jalan warung ini persis dipersimpangan, makanya dinamain simpang karya. Warung Soto padang simpang karya ini bisa dikatakan legendaris Soto Simpang Karya berdiri tahun 1998. Soto Simpang Karya berlokasi di Jalan Dobi No. 2A. Soto Simpang Karya mampu bersaing dengan  bisnis-bisnis lainnya pada area Kota Padang dengan produk andalannya yaitu soto yang diracik dengan bumbu khas Sumatera Barat dan berasal dari bahan-bahan terbaik mampu memberikan makanan yang lezat dan dengan harga yang cukup terjangkau. Soto Simpang Karya juga mengutamakan pelayanan prima agar pelanggan merasa puas berbelanja di Soto Simpang Karya. karena sudah berdiri sejak awal tahun 90an, jadi sudah skitar 20 tahunan, nah konon juga katanya warung soto ini sering dikunjungi pejabat setempat dan juga pemain bola bambang pamungkas, walau sederhana tetapi rasa memang gak bisa bohong, JUARA.

________________________________________________________________________________

Nasi Kapau Uni Cha

Tidak seperti kedai nasi kapau yang ada di Pasar Lereng Bukittinggi yang memiliki bentuk sederhana. Rumah Makan Nasi Kapau Uni Cah ini terbilang mewah dan besar, ia bisa menampung banyak orang untuk makan di dalamnya. Meski telah menjadi rumah makan besar, Uni Cah tetap mempertahankan gaya penyajian Nasi Kapau pada umumnya yakni, setiap menu di letakkan di baskom – baskom besar yang ditata secara berundak di depan penjual yang menjadikan salah satu keunikan dari Nasi Kapau. Menu yang tersedia di Nasi Kapau Uni Cah diantaranya Ikan Batalua, Ayam Balado, Ayam Bakar, Tambunsu, Pangek Ikan Rayo, Rendang Ayam, Dendeng Masiak dan Gulai Tunjang. untuk mencapai lokasi bisa anda menggunakan transportasi darat dan menuju ke alamat Jl. Padang Luar KM 4, Bukittinggi dan Buka setiap hari dari jam 09.00-21.00.
_______________________________________________________________________________

RM Silungkang

Rumah makan silungkan hadir dengan spesifik jariang samba lado lamak bana (jengkol sambal cabe enak benar) rumah makan silungkan dilengkapi langsung dengan tempat belanja oleh-oleh dan selain itu rumah makan ini dapat menampung hingga 300 orang dan luas 2.500 meter. rumah makan silungkang dapat menjadi pilihan menikmati kuliner dan tempat belanja oleh-oleh. Untuk mencapai lokasi ini sangatlah mudah dan cepat karna terletak di kota padang beralamat di Jl. Sawahan Timur Padang depan stasiun kereta api.

 

 

________________________________________________________________________________

Kuliner Simpang Kinol

Padang terkenal dengan masakannya yang enak, dan masakan Padang juga tersebar di seluruh kawasan di Indonesia. Ada satu kawasan yang berkembang menjadi pusat kuliner malam di Padang sejak tahun 1990-an, namanya Simpang Kinol. Tempatnya di Pondok, kawasan Pecinaan. Dulunya di perempatan jalan ini ada Apotik Kinol, makanya namanya menjadi Simpang Kinol. Simpang ini pertemuan Jalan Niaga, Jalan Imam Bonol, Jalan Tepi Pasang dan Jalan Pondok. Kawasan pertokoan ini akan mulai ramai sore hari dengan pedagang makanan yang kebanyakan membawa gerobaknya dan berderet rapi di trotoar Jalan Niaga.
Selain gerobak makanan, juga sudah banyak rumah makan dan warung yang menjual beragam makanan. Satu rumah makan bisa diisi tiga pedagang, seperti Sate Dangun-Dangun, Soto Padang Roda Tiga dan Es Durian Ganti Nan Lamo. Jadi kalau duduk di rumah makan itu, bisa pesan sate, makan soto dan es durian.

Tempatnya juga bersih. Pedagang keturunan Tionghoa biasanya menjual kwitiau, seafood, steek, bubur ayam, es durian dan es tebak, ini es campur khas Padang. Harganya juga standar, tidak terlalu mahal tetapi lebih mahal sedikit dari tempat lain di Padang. Seperti seporsi sate dangun-dangun Rp18 ribu, sementara untuk sate yang sama di tempat lain di Padang Rp13 ribu.

Hampir semua jenis makanan ada di sini. Dari martabak manis hingga martabak mesir. Dari gado-gado, lotek, sampai pecel lele. Ada juga nasi goreng dan soto padang. Yang paling banyak itu penjual sate, mulai dari sate dangun-dangun, ini sate khas dari Payakumbuh, sate padang, sate ayam sampai sate madura.

_______________________________________________________________________________

Di Kota Bukittinggi, oleh – oleh yang biasa dicari wisatawan ialah keripik sanjai. Di kota yang pernah menjadi ibukota pada masa Pemerintah Darurat Republik Indonesia ini banyak pusat oleh – oleh yang menyediakan beraneka penganan khas Minang yang bisa anda beli, salah satunya ialah Ummi Aufa Hakim. Saat ini Pusat Oleh – oleh Ummi Aufa Hakim memiliki 4 gerai, 2 di Kota Padang dan 2 di Kota Bukittinggi. Alamatnya sebagai berikut

  1. Jalan Sudirman No.20, Aur Birugo Tigo Baleh, Kota Bukittinggi
  2. Jalan Soekarno Hatta, Aur Tajungkang Tengah Sawah, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, 0752-7003376
  3. Kota Padang ada di  Jalan Veteran No.59, Padang Barat, Kota Padang.

Mula – mula irisan tipis ubi kayu dimasukan ke dalam kuali raksasa menggunakan serok sepanjang lebih dari 1 meter. Begitu singkong tipis berubah kekuningan, seorang pekerja di Ummi Aufa Hakim segera mengangkatnya dengan saringan besi.

Keripik singkong ini kemudian diberi sambal yang terdiri dari campuran cabai, gula aren, bawang putih dan gula pasir. Dan jadilah keripik sanjai dengan warna merah menyala yang menggoda, selanjutnya dikemas dalam kemasan berukuran 400 gr dan 250 gr.

________________________________________________________________________________

Keripik Balado Sutan Pangeran merupakan turunan generasi ke-3 yang beralamat Di Jalan Veteran No. 75F. Di toko kami menyediakan beraneka ragam jenis makanan khas minang seperti  aneka macam Keripik, macam-macam Kipang Kacang, Serundeng Kentang serta ada menu baru adalah keripik rasa Rendang. Sutan Pangeran hadir untuk anda yang berkunjung ke Sumatera Barat Dengan berbagai oleh-oleh khas Minang sebagai berikut; Kripik balado padeh manih, Galamai, Rendang telur, Dendeng Batokok, Kerupuk lento, Kripik bawang, Dan banyak lagi yang lain.

________________________________________________________________________________

Sebagai  pengembangan dari  inovasi produk, ASESE memproduksi rendang lokan atau kerang  (basah) dan rendang ikan tuna. Sekarang, ASESE telah memproduksi 8 jenis rendang yang sudah mendapatkan sertifikat SNI serta produk cemilan lainnya, Bahan baku aneka olahan rendang berasal dari produk lokal dengan mutu prima ditangani dan diproduksi dengan cara pengolahan rendang yang baik sesuai Pedoman Teknis Pengolahan Rendang yang baik dari Peraturan Pemerintah yang berlaku. Alamat Jl. Thamrin No.14, Alang Laweh, Padang Selatan Kota Padang. Bisa kunjungi website kami di www.rendangasese.com WA : 085263502812 FB : Rendang Asese IG : Rendang Asese Padang